Wednesday, January 28, 2009

MTV Fantastic Females

Side A
1. Celine Dion-Immortality
2. Shania Twain-You’re Still The One
3. Des’ree-Life
4. Inoj-Time After Time
5. Natalie Imbruglia-Torn
6. Gloria Estefan-Heaven’s What I Feel
7. Jennifer Paige-Crush
8. Vonda Shepard-Searchin’ My Soul
9. The Corrs-Only When I Sleep

Side B
1. Sheryl Crow-My Favorite Mistake
2. Anggun-Snow On The Sahara
3. Tori Amos-Spark
4. Sarah McLachlan-Adia
5. Tina Arena-I Want To Know What Love Is
6. Chantal Kreviazuk-Leaving On A Jet Plane
7. Meja-All ‘bout The Money
8. Alexia-The Music I Like
9. B*Witched-Rollercoaster
10. Spice Girls-Too Much

Catatan Kecil

Tiap bulan MTV era 90an (entah sampai sekarang masih ada atau nggak secara saya nggak pernah ngikutin MTV lagi) selalu memberikan penghargaan Artist Of The Month kepada penyanyi yang baru saja merilis album baru mereka sekaligus sebagai ajang promosi. Nah pada bulan September 1998, MTV memberikan “title” Artist Of The Month kepada seluruh penyanyi wanita yang diberi nama Fantastic Females. So, semua penyanyi wanita era itu mau yang udah “kelas diva” ataupun yang masih “anak bawang” semuanya mendapat “kehormatan” sebagai Artist Of The Month. “Title” tersebut diberikan atas sebuah prestasi “membanjirnya” penyanyi wanita dari berbagai genre musik baik itu solo, group, duo atau trio semuanya tumpah ruah di tahun itu. Bukannya apa-apa menurut pengamatan saya penyanyi pria memang “kurang bergema” di era itu. Paling-paling hanya Robbie Williams, Ricky Martin serta beberapa boyband yang bergema era itu namun tak sedahsyat dominasi penyanyi perempuan yang meskipun baru merilis satu album tapi cepat mencuri perhatian penikmat musik. Album kompilasi ini menjadi satu bukti lagi “keperkasaan” penyanyi wanita. Album ini berisi 19 lagu dari penyanyi wanita baik yang udah “kelas diva”macam Gloria Estefan dan Celine Dion, ada juga yang sedang berada di “tengah” karier macam Des’ree, Tori Amos, Sarah McLachlan, Tina Arena dan Sheryl Crow ada lagi penyanyi yang masih tergolong “anak bawang” alias pendatang baru macam Natalie Imbruglia, Jennifer Paige dan B*Witched sampai penyanyi kebanggaan Indonesia yang baru saja go internasional Anggun pun ada di sini. Overall album ini nggak ngebosenin buat di putar ulang karena lagu-lagu dalam album ini rata-rata easy listening semua dan ngetop di masanya. So, sedikit pesan setelah mereview album ini adalah jangan pernah meremehkan kemampuan wanita dalam bermusik ataupun bernyanyi karena mereka tak kalah ekspresif daripada pria. Salut deh buat wanita…

8 comments:

  1. wah waktu saya kecil saya pernah punya. sekarang udah entah kemana. mau beli lagi gak nemu-nemu

    ReplyDelete
  2. yup.. Punya kaset nya.. baik FF 1,2 dan 3... Seneng banget.. ada Anggun juga>>xixix

    ReplyDelete
  3. aku dulu juga punya tapi yang bajakan beli 4500 . di tunjungan plasa dulu 1999 harganya 15ooo

    ReplyDelete
  4. lagu-lagu ini, dulu yang ngenalin sepupu, sampai sekarang paling favorit crush-nya jennifer paige sama time after time-nya inoj...

    ReplyDelete
  5. AKU AJA MASIH PUNYA & MASIH BAGUS. BIAR MASIH KASET PITA TAPI ORI BROWW..... MASIH TERSIMPAN BAIK.
    TAPI KOMPOSISI ANTARA LAGU SATU DENGAN LAINNYA MEMANG BAGUS KOK

    ReplyDelete
  6. Saya juga pernah punya cd orinya + bonus vcd klipnya...tapi sayang udah entah dimana... alhmdulilah karena saking kangen dengan lagu2nya, aku akalin dengan download semua lagu diatas di youtube...yup, akhirnya bisa dengerin lagunya lagi sambil mengenang masa SMP....

    ReplyDelete
  7. Ketik aja di youtube mtv fantastic female,

    ReplyDelete